Minggu, 12 November 2017

Ide Souvenir Pernikahan yang Hemat Tapi Tetap Berkesan

Souvenir yang unik dan cantik akan membuat pernikahanmu berkesan di mata para tamu. Di sisi lain, souvenir harus dibuat sedemikian rupa sehingga tak memakan begitu banyak biaya. Kamu pun harus memutar otak dua kali untuk mendapatkan ide souvenir pernikahan yang sempurna.

Ide Souvenir Pernikahan yang Hemat Tapi Tetap Berkesan

Nah. Untuk membantumu memilih souvenir yang unik, cantik, bermanfaat namun tetap hemat, Hipwee sudah mengumpulkan beberapa ide dalam artikel ini. Siapa tahu, kamu akan jatuh hati pada salah satu barang?

1. Selain bermanfaat buat mandi, sabun handmade juga punya wangi yang membuat tamumu ingin menggunakannya lagi dan lagi.

Siapa sih yang gak butuh sabun? Nah, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan barang ini sebagai souvenir pernikahan. Tanpa harus memberikan barang mahal, sabun handmade yang dikemas dengan cantik sudah bisa membuat tamu undanganmu merasa senang. Harga yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari Rp. 3000 hingga Rp. 13.000.

Kamu bisa mengemasnya dengan kertas warna coklat yang bertuliskan nama kalian berdua, ditambah sebuah kutipan manis di bagian belakang. Sederhana, murah, dan menarik, ‘kan?

2. Pensil yang menampilkan lema-lema kamus akan membuat pernikahanmu berbeda dari jutaan pernikahan lainnya di dunia.

Tidak dapat dipungkiri, seringkali kamu harus pandai-pandai memilih barang souvernir agar para tamumu merasa senang. Nah, tanpa harus mengocek banyak uang, kamu bisa menambatkan hati pada pensil untuk jadi souvenir  murah. Barang bisa kamu pesan mulai dari Rp. 1000 per biji, tergantung dari kualitas  kayunya. Agar terkesan lebih menarik, kamu gak pelru mengukir nama kalian pada pensil, ukirlah lema-lema kamus layaknya pensil di gambar di atas. Kamu juga bisa menempelkan kutipan romantis di bagian luarnya. Kemas 2-5 buah pensil dengan kotak, atau ikat mereka menggunakan tali sabut dan label namamu serta pasangan.

3. Memberikan kipas Cina cantik selalu jadi pilihan yang ciamik. Selain harganya yang murah, barang ini juga pasti berfungsi saat acara pesta.

Souvenir harus dibuat dalam jumlah yang mencapai minimal ratusan. Karena itu, harga satuannya tak boleh terlalu mahal. Untuk mengakali ini kipas cantik bisa menjadi pilihan yang ciamik. Selain karena harganya yang enak di kantong – mulai dari Rp. 1.600-an – barang ini juga bermanfaat bagi tamumu ketika mereka merasa gerah saat acara resepsi.

Pilih model kipas yang menarik dan tidak mainstream, misalnya kipas Cina. Lalu sematkan label ucapan terima kasih dari kalian berdua. Dijamin barang ini juga pasti akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

4. Ucapkan rasa terima kasihmu dengan sebuah tanaman mini. Selain buat pajangan, benda satu ini juga bisa mengurangi polusi.

Mengucapkan terima kasih itu bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan souvenir. Nah, jika kamu ingin souvenir yang kamu berikan bisa bermanfaat gak ada salahnya kamu berikan satu pot gelas beserta tanaman mini. Gak terlalu mahal kok, jika kamu ingin membuat sendiri maka cukup kamu beli gelas kecil dengan harga mulai Rp. 1.000, lalu tanaman hias harga mulai Rp. 3.000. Lalu tancapkan kertas bertuliskan ucapan terima kasih di dalam potnya.

Jika ingin lebih menarik perhatian, kamu bisa menyertakan pesan “Menanam untuk mengurangi polusi bumi”. Dengan cara ini, dijamin souvenirmu akan lebih berkesan buat banyak orang.

5. Setabung reaksi ramuan kopi yang kamu berikan akan membuat para tamu undanganmu ingin segera turun ke dapur.

Jika kamu ingin membuat para tamu undanganmu terkesan dengan souvenir pernikahan murah yang kamu berikan, maka kamu bisa memberinya setabung ramuan kopi. Nah, untuk barang ini kamu bisa buat sendiri kok, karena caranya cukup simple. Kamu bisa beli tabung reaksi di toko alat-alat penelitian, harganya mulai dari Rp. 3.500 tergantung ukuran. Setelah itu kamu isi dengan kopi dan gula secara berlapis menggunakan corong. Atau tambahkan mocca, susu, atau coklat dan tidak lupa label instruksi cara menyeduhnya. Untuk sebuah resep kopi yang menarik ini, kamu gak akan mengeluarkan uang lebih dari 7.000 kok. Nah, unik dan cukup ramah di kantong ‘kan? Dengan buah tangan seperti ini gak heran jika tamu undanganmu pasti akan bergegas ingin segera menyeduhnya.

6. Jika ingin praktis dan ekonomis, kamu bisa menambatkan hati pada souvenir bibit yang gak kalah menarik.

Siapa sih yang gak ingin pesta pernikahan dikenang banyak orang? Selain kamu yang berbahagia, para tamu undangan juga selalu mengenang. Nah, kamu bisa bius para tamumu dengan souvenir bibit tanaman. Tenang, harganya sangat ekononis kok. Misalnya saja: 1 kg bibit kacang tanah seharga Rp. 25.000 bisa kamu kemas dalam 25 bungkus, jadi per bungkus biayanya hanya Rp. 1000. Setelah itu, kemas dalam kertas bercetak yang berbentuk amplop. Nah, agar lebih menarik lagi kamu bisa juga tuliskan cara menanam atau khasiat di balik tanaman itu.

Jadi, kamu butuh uang tak lebih dari Rp. 3000. Belum lagi dana ini masih bisa disiasati dengan harga bibit tanaman lain yang lebih murah. Dijamin, selain bermanfaat untuk ditanam, oleh-olehmu ini juga bisa menambah pengetahuan banyak orang. Kamu berani mencobanya?

7. Gantungan kunci mungkin sudah basi, kecuali kalau kamu bisa membuat yang unik seperti puzzle ini.

Souvenir gantungan kunci mungkin sudah terlalu mainstream. Namun hal ini akan beda cerita jika kamu bisa memberikan bentuk gantungan kunci yang menarik. Kamu bisa pesan gantungan kunci berbentuk puzzle dengan mengukir tanggal dan kata-kata indah. Kamu bisa kemas dua bagian puzzle untuk satu tamu undangan. Lalu jangan lupa pasangi label ucapan terima kasih yaaa. Nah, barang untuk souvenir menarik ini, kamu bisa cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp. 2.000 tergantung dari kualitas kayu.

Ekonomis dan menarik, bukan?

8. Sumpit yang dikemas dengan unik juga bisa menjadi pilihan menarik untukmu lho.

Sumpit sudah bukan lagi menjadi barang yang asing bagi masyarakat Indonesia. Gak sedikit orang yang sudah lihai dalam memakainya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu, sebagai alasan untuk memilih sumpit menjadi barang pilihan untuk souvenir pernikahan. Kamu bisa mengemasnya dalam sarung kain yang bercorak cerah. Atau kamu juga bisa mengukir kata-kata indah di permukaan sumpit. Kamu bisa pesan dengan harga mulai dari Rp.3.000-an. Nah, dengan begitu sumpit oleh-oleh pernikahanmu pasti bisa terlihat lebih menarik.

9. Tawarkan setangkup kenikmatan dengan kantong biji kopi yang kamu berikan.

Oleh-oleh pernikahan gak selamanya harus berbentuk barang, karena kamu juga bisa memberikan buah tangan dalam bentuk makanan. Salah satu contohnya adalah kopi. Biji kopi bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp. 35.000. Nah, agar lebih menarik kamu bisa kemas biji kopi kantong kecil dari kain goni atau kain sejenis kain kasa. Dengan kantong berukuran 5 cm X 10 cm, kopi sebanyak 1 kg bisa kamu bagi dalam 10-15 bungkus. Jadi kamu hanya perlu uang tak lebih dari Rp. 5000 untuk satu bungkus souvenir. Cukup murah ‘kan?

Souvenir dalam bentuk pajangan memang sering menjadi pilihan, tapi pastikan kamu memilih barang yang indah ya. Misalnya sebotol terarrium pasir pantai ini. Harganya juga murah kok, kamu hanya perlu uang mulai dari Rp.2. 500  untuk pajangan cantik ini. Atau kalau kamu mau membuatnya sendiri juga bisa. Beli saja botol kosong seharga Rp. 1.200, lalu ambil pasir dan kerang-kerang mati yang jumlahnya melimpah di pantai. Kalau tidak, kamu bisa membeli kerang di toko akuarium. Nah, cukup murah dan menarik ‘kan?

Souvenir memang menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan, sampai-sampai kamu harus berfikir mendalam dalam memutuskan barang yang akan diberikan. Selain unik, indah, dan murah, mengemasnya dengan apik juga menjadi faktor penting agar souvenirmu tampak menarik.

Nah, jadi souvenir yang mana nih yang menjadi pilihan untuk pernikahanmu nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar